Kamis, 02 Oktober 2014

Drama queen : Jatuh cinta tidak tersalurkan


Sewaktu kelas dua SMK, temen sekelas gue pernah jatuh cinta diam-diam sama kakak kelas yang nama nya Juned. Juned adalah cowok the-most-wanted di sekolah kita. Sebut saja namanya Haruka. Pas gue tanya ke Haruka soal kenapa dia bisa jatuh cinta banget sama si Juned karena setau gue Juned itu pesek, dengan enteng  dia jawab katanya Juned itu emang pesek, dan pesek itu imut. Dari situ gue menyimpulkan bahwa perasaan cinta membutakan segalanya.

                Haruka sebenernya bisa aja dengan mudah dapetin cintanya Juned. Mungkin Junednya aja gak mau sama Haruka. Padahal, Haruka lumayan cantik, senyumanya manis, dan pembawaanya juga bagus tapi sayangnya dia gesrek. Haruka pernah cerita katanya waktu mamahnya ngelahirin dia, pada saat usia kandungannya masih 7 bulan, dia terlahir prematur. Mungkin itu sebabnya Haruka begitu dongo dan gesrek.

                Haruka memang sangat dongo, tapi bukan berarti dia dongo beneran. dia bertindak seperti orang dongo dalam menarik perhatian crush-nya si Juned. Dia bahkan gak tau cara berkenalan yang baik dengan si Juned. Padahal Haruka sering banget ketemu face-to-face sama si Juned di kantin, tapi dia malah pura-pura gak liat, pas udah lewat, baru nyari Juned. Haruka juga paling sering liat Junetd online di facebook. Emang orang dongo, Dia enggak pernah menggunakan kesempatan itu, dengan nge-chat dia kaya say ‘Hi’ atau ‘Hello’ atau bisa yang lebih ekstrim lagi kaya, ‘Hi.. Hello.. I like you.. Would you be my boyfriend?.’ Kalo gitu kan jelas, kalo dia ngerespon pasti gak lama dia bakalan minta no handphone atau pin BBMnya, agak maksa sih emang. tapi, sesuatu hal yang bikin gue sangat terkesan adalah Haruka malah SMS gue dan ngasih tau kalo si Junet lagi online.

                Haruka : shei. Juned online!

                Gue       : Lah.. Ngapa lu sms gue, dongo -_- . Udah cepet chat

                Haruka : Gue takut di read doang T.T

                Gue       : coba aja dulu siapa tau dibales! Grrr

                Haruka : Gimana cara ngechat nya?

                Gue       : pake koas! -_- , ya lo tinggal ketik ‘hai’ pake emot J beres kan? udah cepet!

                Haruka : Okedeh! Gue coba

                Gue       : nah.. gitu dong

 

                Tiga menit kemudian..

 

                Haruka : Dia udah off T.T

 

                Ternyata gue sadar selain dia triple dongo dia juga gesrek kuadrat. Gue fikir ini bukan karena dia terlahir prematur doang. Tapi, karena otak dia udah dimakan zombie .

 

                Orang yang sedang jatuh cinta dalam diam, pasti tahu dengan semua hal detail orang yang dia taksir, dari hal yang menurut dia penting sampe hal yang menurut dia sangat penting: Haruka tahu kalo Juned itu suka banget sama musik-musik J-pop atau J-rock, Haruka tahu kalo Juned itu suka banget kentut sembarangan, Haruka tahu kalo Juned itu pernah liat JAV pada saat jam pelajaran. Mudah2an dia gak baca XD.

                Darimana dia tahu semua hal itu?

Dari temannya ke temanya ke temanya ke temanya lagi ke gue dan berakhir di Haruka. Dari hasil pengamatan yang bahkan enggak crush-nya sadari bahwa dia sedang di amati. Dan dari keingin-tahuan untuk mencari tahu dari hal-hal yang terkecil sampai yang terbesar.

Orang yang jatuh cinta dalam diam suka banget memenuhi buku catatanya dengan perasaan hati yang enggak kesampean. Di dalam buku manufaktur, Haruka selalu menggambar inisial dia dan crush-nya, yaitu huruf J dan S di sertai dengan gambar hati di tengahnya. Gue yang liat apa yang di gambar Haruka. Gue bilang ‘ Idihhh.... kasian banget yah jadi lo!.’ Besoknya, gue ikutan.

Selain gambar-gambar norak itu, buku catatan bahasa inggris Haruka juga penuh sama percakapan orang-orang idiot, yang gak kalah norak. Haruka nanya ke gue “what’s your name?” Gue jawab, “I’m Sheinai.” Gue nanya ke Haruka, “Who are you?” Haruka jawab, “I’m Junet’s girlfriend.” Gue nanya, “What are you?.” Haruka jawab “I’m Junet’s princess” Gue nanya “Who’s Junet?” Haruka jawab “Junet’s my boyfriend!!.” Gue memandang dia dengan iba, dia memandang gue dengan senyum overdosisnya, Tuh kan dia mulai lagi gesreknya. Akhirnya gue berhentiin aja tuh percakapan sebelum otak gue mengalami pendarahan hebat.

 

Sampe suatu ketika. Gue gak tau dia kesurupan setan apa, tiba-tiba aja Haruka berencana buat ngasih coklat toblerone dan minta foto bareng sama Junet, Pada saat perpisahaan anak kelas 3 nanti, dia juga nekat pengen ngungkapin perasaan terpendamnya. Feeling gue yakin sih kalo dia gak bakal berani ngelakuin hal itu. Kalaupun hal itu terjadi mungkin dia bakal gemeteran terus mimisan terus pingsan dan mati bahagia.

 

Emang tuhan punya rencana lain. Tuhan takut Haruka mati bahagia. Semua harapan Haruka pun harus pupus, karena sebelum perpisahan berlangsung ternyata Junet udah taken, dan parahnya Haruka dan gue yang nyaksiin langsung dengan mata kepala kita sendiri waktu Junet jalan bareng sama cewek barunya itu, ke gerbang sekolah, gue sebagai teman baiknya Haruka, gue cuman bisa usapin punggungnya. ‘Ka.. lu enggak kenapa-napa kan?’ Haruka masih shock dengan apa yang di lihatnya barusan. Gue tahu banget perasaan dia, itu pasti sakit, pengen nangis tapi gak lucu, mau marah tapi ke siapa. Gue yang sok heroik bilang ‘Mungkin.. tuhan punya rencana lain Ka.., Lo cuman kalah cepet aja, seengganya lo gak usah capek-capek beliin dia coklat dan nyewa kamera buat foto bareng sama dia.’ Hening. ‘Tobleronenya buat gue aja ya’ Haruka memasang muka gahar ‘KAMPREEET LO!’. Gue pun shock dan langsung nyari satpam buat nyebrangin gue, sebelum Haruka murka sampe ke level gledek.










Dari kisah tersebut gue jadi inget kata-kata yang di tulis Radityadika di salah satu bukunya marmut merah jambu, katanya : pada akhirnya menerima dan paham bahwa kenyataan terkadang berbeda dengan apa yang kita inginkan. Terkadang yang kita inginkan bisa jadi yang tidak kita sesungguhnya kita butuhkan. Dan yang di butuhkan orang yang jatuh cinta diam-diam hanyalah merelakan karena orang yang jatuh cinta diam-diam hanya bisa seperti yang mereka lakukan yaitu, jatuh cinta sendirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar